SOKOGURU, KEDIRI- Setelah menghadiri Apeksi Nite Carnival di Kediri, Kamis malam, Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Dyah Roro Esti Widya Putri kemudian mengunjungi UMKM tenun Medali Mas di Kampung Tenun Ikat Bandar Kidul di Kediri, Jawa Timur pada hari ini, Jumat, 18 Juli 2025.
Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), menurut Wamen Roro, perlu mempelajari preferensi konsumen pasar negara tujuan ekspor. Hal itu dilakukan untuk menyesuaikan produk agar lebih diminati sehingga membuka peluang ekspor dan membantu UMKM tumbuh lebih besar (skalabilitas).
Dalam kunjungan tersebut, Wamendag Roro didampingi Wali Kota Kediri Vinanda Prameswati serta Direktur Pengembangan Ekspor Jasa dan Produk Kreatif Kementerian Perdagangan Ari Satria.
Baca juga: Di Apeksi Nite Carnival, Wamendag Roro Dorong UMKM Kediri Kembangkan Produk Bernilai Tambah Tinggi
"Karakteristik konsumen di setiap negara atau kawasan seringkali berbeda. Kain Indonesia yang penuh corak diminati di Afrika, tetapi tidak begitu diminati konsumen Eropa,” ujarnya dalam keterangan resmi Kementerian Perdagangan (Kemendag).
Di Eropa, sambung Roro, masyarakatnya sepertinya lebih suka tenun dipadankan dengan bahan polos. Dengan memahami preferensi konsumen di negara target, UMKM dapat merancang strategi pemasaran dan pengembangan produk yang tepat.
Itu akan memperluas akses ke pasar internasional, yang pada gilirannya dapat meningkatkan volume penjualan dan pendapatan," jelas Wamendag Roro.
Baca juga: Tinjau UMKM Tenun di Pekanbaru, Wamendag Dorong Pelaku Usaha Tembus Pasar Global
Produk yang dirancang sesuai dengan preferensi konsumen akan lebih mungkin memuaskan pelanggan. Kepuasan pelanggan merupakan kunci untuk membangun loyalitas merek dan keberlanjutan bisnis di pasar baru.
Wamendag Roro juga mendorong pelaku UMKM dapat berkomunikasi dengan 46 perwakilan perdagangan (perwadag) di 33 negara untuk dipertemukan dengan pembeli (buyer) potensial dalam agenda penjajakan bisnis (business matching). Pelaku UMKM juga dapat menggali informasi pasar melalui perwadag.
Pada kesempatan itu, Wamendag Roro berdialog dengan pendiri Medali Mas Siti Ruqoyah. Siti mengutarakan, Medali Mas memiliki 15 pekerja perempuan saat ini. Ia berharap adanya regenerasi dan fasilitasi pemerintah untuk mengembangkan usaha.
Baca juga: Wamendag Dorong UMKM Bali Perluas Pasar Lewat Pameran
Terkait fasilitasi pemerintah, Siti mengapresiasi langkah konkret Pemerintah Kota Kediri yang memberikan dukungan untuk menggunakan tenun ikat sebagai busana kerja.
Hal tersebut ditetapkan lewat Instruksi Wali Kota Kediri No 4 Tahun 2010 tentang Penggunaan Pakaian Tenun Ikat Bandar Khas Kota Kediri.
"Kami mengapresiasi langkah konkret Pemkot Kediri yang telah berlangsung beberapa tahun ini. Kami jugamengharapkan sinergi pemerintah kota dan pemerintah pusat untuk mengembangkan daerah melalui fasilitasi bagi UMKM, seperti bantuan promosi dan pelatihan," imbuh Siti.
Kampung Tenun Ikat Bandar Kidul merupakan pusat kerajinan yang sudah berada sejak era Kerajaan Kediri (abad 11--13) dan mulai berkembang pesat pada 1950-an ketika pengusaha Tionghoa memperkenalkan pola motif dan memperbanyak alat tenun bukan mesin (ATBM).
Saat ini, terdapat lebih dari 400 perajin mengoperasikan lebih dari 150 ATBM manual dan menjadikan tenun ikat sebagai usaha lokal yang mapan. Produk mereka telah menembus pasar regional (Jawa Timur) hingga nasional.
Saat ini, produk keluaran tidak lagi sebatas kain, tetapi telah berkembang menjadi produk fesyen aksesoris seperti sarung, baju, dompet, tas, syal, sepatu, dan souvenir. Produk tenun Kediri sudah memasuki pasar Timur Tengah dan Singapura, namun mereka membutuhkan pemasaran global yang lebih luas.
Desa wisata itu juga menyediakan paket wisata edukasi, atraksi budaya seperti Jaranan Unyil, homestay, serta suvenir kuliner lokal, seperti tahu takwa dan teh biru bunga telang.
Peran aktif Pemkot Kediri, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), dan akademisi menghasilkan pelatihan peningkatan kualitas, penciptaan citra merek, dan strategi pemasaran. (SG-1)